RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah :
Nama Pelajaran : IPA
Kelas / semester : IV / 1
Alokasi
Waktu :
2
35 menit

Standar Kompetensi : 4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk
hidup
Kompetensi Dasar : 4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa
hewan di lingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
Indikator :
4.1.1 Menjelaskan pengertian
metamorfosis
4.1.2
Mengidentifikasi jenis-jenis metamorfosis
4.1.3 Menunjukan bentuk-bentuk
metamorfosis
1. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
dapat mempelajari Daur hidup beberapa hewan
2. Siswa
dapat mengetahui metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
3. Siswa
dapat menyebutkan contoh-contoh metamorfosis sempurna maupun tidak sempurna
2. Materi
Daur hidup beberapa hewan :
Daur hdiup kecoa, Daur hidup
nyamuk, Daur hidup kupu-kupu dan Daur hidup kucing
3. Metode
/ Strategi Pembelajaran
Tanya jawab, Ceramah, video
critic, Card sort
4. Langkah-langkah
Pembelajaran
·
Kegiatan Awal
Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Strategi / Metode
|
Sumber / Bahan / Alat
|
2 Menit
|
Guru mengucapkan
salam dan memimpin doa.
|
Tanya Jawab
|
-
|
5
Menit
|
Apersepsi :
Guru menanyakan kepada siswa” anak-anak siapa yang pernah
melihat perkembangan hewan dari
kecil sampai dewasa?”.
|
Tanya Jawab
|
-
|
3 menit
|
Guru
menyampaikan tujuan
pembelajaran.
|
Tanya Jawab
|
-
|
·
Kegiatan Inti
Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Strategi / Metode
|
Sumber / Bahan / Alat
|
5 menit
|
Guru memutarkan video tentang metamorphosis kupu-kupu
|
Video critic
|
LCD, video metamorfosis
|
5 Menit
|
Guru menyuruh siswa untuk
mengamatinya.
|
-
|
-
|
7 Menit
|
Guru menyampaikan
materi yang diajarkan.
|
Ceramah
|
-
|
7 Menit
|
Guru membagikan
kertas kepada siswa yang berisi potongan nama-nama metamorfosis hewan
kepada masing-masing siswa dan memberikan penjelasan tentang permainan tersebut.
|
Card sord
|
Kertas dan doubel tip.
|
7 Menit
|
Siswa diminta untuk mencari pasangannya masing-masing dan
menempelkan hasil pasangannya kepapan
tulis.
|
Card sort
|
Kertas, doubel tip dan papan
tulis.
|
7
Menit
|
Siswa diminta mengoreksi kebenaran dari hasil tempelan
potongan-potongan kertas.
|
Card sort
|
-
|
5 Menit
|
Guru memberikan klasifikasi hasil tempelan yang berisi
tentang metamorfosis hewan.
|
Ceramah
|
-
|
·
Kegiatan Akhir
Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Strategi / Metode
|
Sumber / Bahan / Alat
|
5
Menit
|
Guru memberikan soal pilihan ganda sebagai evaluasi.
|
Penugasan
|
Kertas soal
|
5
Menit
|
Guru meminta salah satu siswa untuk merefleksi materi yang
telah diberikan kepada siswa.
|
Tanya jawab
|
-
|
2 Menit
|
Guru memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah
|
Penugasan
|
Buku paket IPA kelas IV.
|
5 Menit
|
Guru mengakhiri pelajaran dan mengabsensi siswa serta
memberikan nasehat.
|
Tanya jawab
|
-
|
5. Sumber
/ Bahan /Alat :
a) Buku
paket IPA untuk SD dan MI kelas IV, Budi wahyono dan Setya nurachmandani, CV.
Pelajar Pantai Utara : Semarang 2008
b) LCD
, Papan tulis, Video metamorphosis
kupu-kupu
c) Kertas
soal, Potongan kertas, double tip
6. Penilaian
Tes : Soal pilihan ganda
Soal uraian
Mengetahui,
Kepala
Madrasah
........................
|
Ponorogo,
25 Desember 2011
Guru
IPA
................................
|
Materi
DAUR HIDUP BEBERAPA HEWAN
1. Daur
Hidup Kecoa

Kecoa
disebut juga lipas. Kecoa berkembang biak dengan bertelur. Telur kecoa
berselubung setelah dibuahi induk jantannya. Telur tersebut akan menetas
menjadi kecoa muda (tempayak). Bentuk kecoa muda tidak jauh berbeda dengan
bentuk kecoa dewasa. Perbedaaannya kecoa muda tidak bersayap. Selanjutnya,
kecoa muda tumbuh menjadi kecoa dewasa yang bersayap setelah menjadi dewasa,
kecoa akan bertelur demikian seterusnya.
2. Daur
Hidup Nyamuk

Daur
hidup nyamuk dimulai dari nyamuk. Telur nyamuk berada diatas air. Ketika sudah
menetes, telur ini menjadi jentik-jentik (tempayak). Jentik-jentik hidup dan
memperoleh makanan di air. Setelah cukup umur, jentik-jentik berubah memnjadi
pupa. Pupa tidak bergerak. Pupa berpindah karena gerakan aliran air.
Setelah
beberapa waktu pupa, berubah menjadi nyamuk. Nyamuk dewasa tidak hidup di air.
Ia akan kembali ke air saat akan bertelur. Ada nyamuk yang bertelur di kotoran
dan ada yang suka bertelur di air jernih. Nyamuk merupakan salah satu jenis
hewan penyebar penyakit.oleh karena itu, jagalah selalu kebersihan tempat air
yang ada dirumah.
3. Daur
Hidup Kupu-Kupu

Daur
hidup kupu-kupu dimulai dari telur. Telur menetas menjadi ulat. Ulat kemudiaan
berubah menjadi kepompong. Akhirnya, kepompong yang cukup waktu akan berubah
menjadi kupu-kupu. Kupu-kupu dewasa selanjutnya akan bertelur lagi.
Demikian
seterusnya. Didalam daur hidup kupu-kupu , terjadi perubahan-perubahan bentuk
atau metamorfosis. Berdasarkan perubahan bentuk tubuh hewan, metamorfosis
dibedakan menjadi dua yaitu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.
Metamorfosis sempurna pada serangga senantiasa melalui tahap kepompong (pupa)
dan bentuknya saat lahir berbeda sekali dengan bentuknya ketika dewasa.
Misalnya kupu-kupu, nyamuk dan lalat.
Sementara
itu, metamosfosis tidak sempurna pada serangga tidak melalui tahap kepompong
dan bentuknya saat lahir tidak berbeda jauh dengan ketika sudah dewasa.
Contohnya hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah capung dan
belalang.
4. Daur
Hidup Kucing
Kucing
memiliki anak dengan cara melahirkan. Kucing betina dewasa mengalami masa
mengandung selama kira-kira 3 bulan. Kemudian, lahirlah anak kucing yang lucu
dan lincah. Bulu anak kucing bisa sama dan bisa berbeda dengan induknya. Sejak
lahir sampai dewasa, tubuh kucing tidak berbeda bentuk. Hanya ukuran dan warna
bulunya saja yang makin besar dan jelas. Gerakannya juga makin lincah. Kucing
dapat memanjat dan melompat dari tempat yang tinggi.
INSTRUMEN PENILAIAN
A. SOAL PILIHAN GANDA
1) Proses
perubahan bentuk makhluk hidup dari lava hingga menjadi bentuk dewasa
disebut.....
a. Fotosintesis c. Metamorfosis
b. Sitokinesis d. Gametogenesis
2) Telur
kecoa menetas menjadi.....
a. Ulat c. Kepompong
b. Tempayak d. Pupa
3) Contoh
hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah.....
a. Kecoa
dan jangkrik c.
Belalang dan nyamuk
b. Nyamuk
dan kupu-kupu d. Katak dan
capung
4) Setelah
menjadi kepompong, kupu-kupu berubah menjadi.....
a. Telur c. Kupu-kupu dewasa
b. Ulat d. Kupu-kupu muda
5) Daur
hidup tanpa metamorphosis dialami oleh…
a. Katak
c. Nyamuk
b. Kanguru d. Belalang
6) Hewan
berikut yang tidak mengalami metamorfosis baik sempurna maupun tidak sempurna
adalah......
c. Nyamuk c. Katak
d. Kecoa d. Kucing
7) Contoh
hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah.....
a.
Belalang c. Kupu-kupu
b.
Kucing d. Katak
8) Sebelum
menjadi nyamuk, jentik-jentik berubah
menjadi....
a. Telur c. Nyamuk muda
b. Nyamuk
kecil d. pupa
9) Berikut
ini adalah metamorfosis kecoa:
1.
Telur dalam selubung
2.
Tempayak (kecoa muda)
3.
Kepompong
4.
Kecoa dewasa
Dari
penjelasan diatas mana yang bukan metamorfosis kecoa....
a. 1,2,3 c. 1,3,4
b. 1.2.4 d. 2,3,4
10)

Gambar diatas merupakan
metamorfosis......
a. Sempurna c.
Metamorfosis
b. Tidak
sempurna d. A dan B benar
B. Soal uraian ( PR)
1. Jelaskan pengertian metamorfosis?
2. Sebutkan contoh-contoh metamorfosis sempurna?
3. Sebutkan contoh-contoh metamorfosis tidak sempurna?
C. KUNCI
JAWABAN
Soal
pilihan ganda
1. C Metamorfosis
2. B Tempayak
3. B Nyamuk dan kupu-kupu
4. D Kupu-kupu muda
5. B Kanguru
6. D Kucing
7. A Belalang
8. D Pupa
9. B 1.2.4
10. A Sempurna
Soal
uraian
1.
Metamorfosis
adalah perubahan-perubahan bentuk pada
mkhluk hidup
2.
Kupu-kupu,
kodok dan sebagainya
3.
Capung,
belalang dan sebagainya
D. PEDOMAN
PENSKORAN
a. Soal
pilihan ganda
·
Betul 1 skor 10
·
Betul semua bernilai 100
b. Soal
uraian
·
Jawaban benar skor 2
·
Jawaban mendekati benar skor 1
LEMBAR
ANALISIS INDIKATOR UNTUK PENENTUAN
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL (KKM) DAN PENILAIAN
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN :
IPA (Ilmu Pengentahuan Alam)
KELAS/SEMESTER :
IV/ 1
STANDAR KOMPETENSI :
4. Memahami daur hidup beragam jenis
makhluk hidup
KOMPETENSI DASAR :
4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya
kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
Nomor Indikator
|
Aspek
|
Kriteria ketuntasan
minimal
|
Penilaian
|
Sebaran soal ujian
|
|||
Kriteria Penetapan
Ketuntasan
|
|||||||
komplekasitas
|
Daya dukung
|
Intaks siswa
|
Rata-rata KKM
|
||||
Rata-rata nilai KKM
dari semua Indikator
|
Ponorogo,
Maret 2012
Mengetahui
Kepala Madrasah
....................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar