Kamis, 05 April 2012

RPP IPA kelas 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah                    :
Nama Pelajaran                  :  IPA
Kelas / semester                : IV / 1
Alokasi  Waktu                 : 2  35 menit
Standar Kompetensi          : 4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
Kompetensi Dasar          : 4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
Indikator                          :  4.1.1 Menjelaskan pengertian  metamorfosis
                                           4.1.2  Mengidentifikasi jenis-jenis metamorfosis
                                           4.1.3 Menunjukan bentuk-bentuk metamorfosis
1.      Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat  mempelajari  Daur hidup beberapa  hewan
2.      Siswa dapat  mengetahui  metamorfosis sempurna dan  tidak sempurna
3.      Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh metamorfosis sempurna maupun tidak sempurna
2.      Materi
Daur hidup beberapa hewan :
Daur hdiup kecoa, Daur hidup nyamuk, Daur hidup kupu-kupu dan Daur hidup kucing
3.      Metode / Strategi Pembelajaran
Tanya jawab, Ceramah, video critic, Card  sort
4.      Langkah-langkah Pembelajaran
·        Kegiatan Awal
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Strategi / Metode
Sumber / Bahan / Alat
2 Menit
Guru mengucapkan  salam dan memimpin doa.
Tanya Jawab
-
5 Menit
Apersepsi :
Guru menanyakan kepada siswa” anak-anak siapa yang  pernah  melihat  perkembangan hewan dari kecil sampai dewasa?”.
Tanya  Jawab
-
3 menit
Guru  menyampaikan  tujuan pembelajaran.
Tanya Jawab
-
·        Kegiatan Inti
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Strategi / Metode
Sumber / Bahan / Alat
5 menit
Guru memutarkan video tentang metamorphosis kupu-kupu
Video critic
LCD, video metamorfosis
5 Menit
Guru menyuruh siswa untuk mengamatinya.
-
-
7  Menit
Guru menyampaikan  materi yang diajarkan.
Ceramah
-
7 Menit
Guru membagikan  kertas kepada siswa yang berisi potongan nama-nama  metamorfosis  hewan  kepada masing-masing siswa dan memberikan  penjelasan tentang permainan  tersebut.
Card sord
Kertas dan doubel tip.
7 Menit
Siswa diminta untuk mencari pasangannya masing-masing dan menempelkan  hasil pasangannya kepapan tulis.
Card sort
Kertas, doubel tip dan papan tulis.
7 Menit
Siswa diminta mengoreksi kebenaran dari hasil tempelan potongan-potongan kertas.
Card sort
-
5 Menit
Guru memberikan klasifikasi hasil tempelan yang berisi tentang metamorfosis hewan.
Ceramah
-
·        Kegiatan Akhir
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Strategi / Metode
Sumber / Bahan / Alat
5
Menit
Guru memberikan soal pilihan ganda sebagai evaluasi.
Penugasan
Kertas soal
5 Menit
Guru meminta salah satu siswa untuk merefleksi materi yang telah diberikan kepada siswa.
Tanya  jawab
-
2 Menit
Guru memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah
Penugasan
Buku paket IPA kelas IV.
5 Menit
Guru mengakhiri pelajaran dan mengabsensi siswa serta memberikan  nasehat.
Tanya jawab
-
5.      Sumber / Bahan /Alat :
a)      Buku paket IPA untuk SD dan MI kelas IV, Budi wahyono dan Setya nurachmandani, CV. Pelajar Pantai Utara : Semarang 2008
b)      LCD , Papan tulis,  Video metamorphosis kupu-kupu
c)      Kertas soal, Potongan kertas, double tip
6.      Penilaian
Tes       : Soal  pilihan ganda
               Soal uraian

Mengetahui,
Kepala Madrasah


........................
Ponorogo, 25 Desember 2011
Guru IPA



................................


Materi
DAUR HIDUP BEBERAPA HEWAN
1.      Daur Hidup Kecoa
Kecoa disebut juga lipas. Kecoa berkembang biak dengan bertelur. Telur kecoa berselubung setelah dibuahi induk jantannya. Telur tersebut akan menetas menjadi kecoa muda (tempayak). Bentuk kecoa muda tidak jauh berbeda dengan bentuk kecoa dewasa. Perbedaaannya kecoa muda tidak bersayap. Selanjutnya, kecoa muda tumbuh menjadi kecoa dewasa yang bersayap setelah menjadi dewasa, kecoa akan bertelur demikian seterusnya.
2.      Daur Hidup Nyamuk
Daur hidup nyamuk dimulai dari nyamuk. Telur nyamuk berada diatas air. Ketika sudah menetes, telur ini menjadi jentik-jentik (tempayak). Jentik-jentik hidup dan memperoleh makanan di air. Setelah cukup umur, jentik-jentik berubah memnjadi pupa. Pupa tidak bergerak. Pupa berpindah karena gerakan aliran air.
Setelah beberapa waktu pupa, berubah menjadi nyamuk. Nyamuk dewasa tidak hidup di air. Ia akan kembali ke air saat akan bertelur. Ada nyamuk yang bertelur di kotoran dan ada yang suka bertelur di air jernih. Nyamuk merupakan salah satu jenis hewan penyebar penyakit.oleh karena itu, jagalah selalu kebersihan tempat air yang ada dirumah.
3.      Daur Hidup Kupu-Kupu
Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur. Telur menetas menjadi ulat. Ulat kemudiaan berubah menjadi kepompong. Akhirnya, kepompong yang cukup waktu akan berubah menjadi kupu-kupu. Kupu-kupu dewasa selanjutnya akan bertelur lagi.
Demikian seterusnya. Didalam daur hidup kupu-kupu , terjadi perubahan-perubahan bentuk atau metamorfosis. Berdasarkan perubahan bentuk tubuh hewan, metamorfosis dibedakan menjadi dua yaitu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Metamorfosis sempurna pada serangga senantiasa melalui tahap kepompong (pupa) dan bentuknya saat lahir berbeda sekali dengan bentuknya ketika dewasa. Misalnya kupu-kupu, nyamuk dan lalat.
Sementara itu, metamosfosis tidak sempurna pada serangga tidak melalui tahap kepompong dan bentuknya saat lahir tidak berbeda jauh dengan ketika sudah dewasa. Contohnya hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah capung dan belalang.
4.      Daur Hidup Kucing
Kucing memiliki anak dengan cara melahirkan. Kucing betina dewasa mengalami masa mengandung selama kira-kira 3 bulan. Kemudian, lahirlah anak kucing yang lucu dan lincah. Bulu anak kucing bisa sama dan bisa berbeda dengan induknya. Sejak lahir sampai dewasa, tubuh kucing tidak berbeda bentuk. Hanya ukuran dan warna bulunya saja yang makin besar dan jelas. Gerakannya juga makin lincah. Kucing dapat memanjat dan melompat dari tempat yang tinggi.

INSTRUMEN PENILAIAN
A.     SOAL  PILIHAN GANDA
1)      Proses perubahan bentuk makhluk hidup dari lava hingga menjadi bentuk dewasa disebut.....
a.       Fotosintesis            c. Metamorfosis           
b.      Sitokinesis              d. Gametogenesis
2)      Telur kecoa menetas menjadi.....
a.       Ulat                        c. Kepompong
b.      Tempayak              d. Pupa
3)      Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah.....
a.       Kecoa dan jangkrik                        c. Belalang dan nyamuk
b.      Nyamuk dan kupu-kupu                 d. Katak dan capung
4)      Setelah menjadi kepompong, kupu-kupu berubah menjadi.....
a.       Telur                      c. Kupu-kupu dewasa
b.      Ulat                        d. Kupu-kupu muda
5)      Daur hidup tanpa metamorphosis dialami oleh…
a.       Katak                     c. Nyamuk
b.      Kanguru                 d. Belalang
6)      Hewan berikut yang tidak mengalami metamorfosis baik sempurna maupun tidak sempurna adalah......
c.       Nyamuk                 c. Katak
d.      Kecoa                    d. Kucing
7)      Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah.....
a.          Belalang                c. Kupu-kupu
b.         Kucing                  d. Katak
8)      Sebelum menjadi nyamuk,  jentik-jentik berubah menjadi....
a.       Telur                                  c.  Nyamuk muda
b.      Nyamuk kecil                     d. pupa
9)      Berikut ini adalah metamorfosis kecoa:
1.         Telur dalam selubung
2.         Tempayak (kecoa muda)
3.         Kepompong
4.         Kecoa dewasa
Dari penjelasan diatas mana yang bukan metamorfosis kecoa....
a.       1,2,3                      c. 1,3,4
b.      1.2.4                      d. 2,3,4
10)       
 
Gambar diatas merupakan metamorfosis......
a.        Sempurna              c. Metamorfosis
b.      Tidak sempurna                  d. A dan B benar

B.     Soal uraian  ( PR)
1.      Jelaskan pengertian metamorfosis?
2.      Sebutkan contoh-contoh metamorfosis sempurna?
3.      Sebutkan contoh-contoh metamorfosis tidak sempurna?

C.     KUNCI JAWABAN
Soal pilihan ganda
1.      C  Metamorfosis
2.      B  Tempayak
3.      B  Nyamuk dan kupu-kupu
4.      D  Kupu-kupu muda
5.      B  Kanguru
6.      D  Kucing
7.      A  Belalang
8.      D  Pupa
9.      B  1.2.4
10.  A  Sempurna
Soal uraian
1.      Metamorfosis adalah perubahan-perubahan  bentuk pada mkhluk hidup
2.      Kupu-kupu, kodok dan sebagainya
3.      Capung, belalang dan sebagainya
D.     PEDOMAN PENSKORAN
a.       Soal pilihan ganda
·                 Betul 1 skor 10
·                 Betul semua  bernilai 100
b.      Soal uraian
·                 Jawaban benar skor 2
·                 Jawaban mendekati benar skor 1

LEMBAR ANALISIS INDIKATOR UNTUK PENENTUAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) DAN PENILAIAN
NAMA SEKOLAH                 :
MATA PELAJARAN              : IPA (Ilmu Pengentahuan Alam)
KELAS/SEMESTER               : IV/ 1
STANDAR KOMPETENSI    : 4.  Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
KOMPETENSI DASAR         : 4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
Nomor Indikator
Aspek
Kriteria ketuntasan minimal
Penilaian
Sebaran soal ujian
Kriteria Penetapan Ketuntasan
komplekasitas
Daya dukung
Intaks siswa
Rata-rata KKM
























Rata-rata nilai KKM dari semua Indikator




Ponorogo,    Maret 2012

                                                                    Mengetahui Kepala Madrasah




                                                            ....................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar