Senin, 11 Juni 2012

makalah RPP TEMATIK


PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK

A.    Landasan Pengembangan RPP
Pengembangan rencanan pembelajaran (RPP) dikembangkan dengan mengacu kepada standart isi. RPP sebagai hasil pengembangan merupakan acuan operasional guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk satu atau dua kali pertemuan guna menyelesaikan satu kompetensi dasar. Adapun landasan pengembangan RPP dijelaskan dalm PP No 19 tahun 2005 pasal 20 yaitu “ perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pembelajaranyang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”.
B.     Pengertian dan komponen RPP
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standart isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup rencana pembelajaran paling luas mencangkup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan atau lebih.
Komponen-komponen RPP sebagai berikut:
Ø  Tujuan pembelajaran
Ø  Materi pokok
Ø  Langkah pembelajaran : kegiatan awal, inti dan kegiatan akhir
Ø  Sumber belajar
Ø  Penilaian hasil belajar
Khusus untuk pembelajaran tematik RPP ini merupakan realisasi dari pengalaman belajar siswa-siswi yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran dengan komponen yang meliputi:
*      Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran yang akan ditematikan, kelas, semester, tema, minggu / hari, dan waktu / banyaknya jam pertemuaan yang dialokasikan).
*      Kompetensi dasar dan indikatir yang akan dilaksanakan.
*      Materi poko beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa-siswi dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
*      Langkah pembelajaran ( kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa-siswidalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator, kegiatan ini tertuang dalam kegiatan pembikaan,inti dan penutup.
*      Alat dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar serta sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
*      Penilaian dan tindak lanjut ( prosedur dan instrumen yang akan digunakan untuk menilai pencapaian belajar siswa-siswi serta tindak lanjut hasil penilaian).
Pada dasarnya prinsip-prinsip pengembangan RPP tematik memuat komponen-komponen sebagaimana RPP pada umumnya, hanya saja dalam RPP tematik penting memperlihatkan rumusan–rumusan komponen tersebut dengan tema yang ditetapkan. [1]
C.    Mengidentifikasi perbedaaan RPP mata pelajaran dan RPP tematik  
Perbedaan antara Rpp mata pelajaran dengan Rpp tematik terletak pada temanya, dan dalam Rpp tematik terdapat beberapa mata pelajaran yang terkait dengan tema sedangkan mata pelajaran hanya menyangkut satu mata pelajaran saja.

D.    Menyusun RPP tematik
Contoh format RPP tematik:
Mata pelajaran:...............................
Kelas / Semester:............................
Tema:..............................................
Minggu / Hari:................................
Alokasi Waktu:...............................
Kompetensi Dasar:.........................
Indikator:........................................
Tujuan :..........................................
Materi Pokok:................................
Metode:..........................................
Langkah Pembelajaran:
            Kegiatan Awal
            Kegiatan Inti
            Kegiatan penutup
Alat / Bahan / Sumber:..................
Penilaian:.......................................
Contoh Rpp Tematik:

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik KARAKTER 


Nama Sekolah     :     SDN 1 Manuk Siman Ponorogo
Tema                    :  Gejala Alam
Kelas/Semester    :  I/ II
Alokasi Waktu     : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi :
1. IPA              :  5. Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.
2. IPS              :  2. Mendeskripsikan lingkungan rumah.
Kompetensi Dasar  :
1. IPA             :  5.2 Mengenal keadaan cuaca disekitar kita
2. IPS             :  2.1 Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga.
Indikator        :
1. IPA              :  5.2.1 Mempelajari keadaaan cuaca disekitar kita.
                            5.2.2 Menyebutkan keadaan cuaca disekitar kita.
 
2. IPS              :  2.1.1 Menggambarkan peristiwa penting yang dialami sendiri dilingkungan keluarga.
                                             2.1.2 Menunjukan peristiwa penting yang dialami sendiri dilingkungan keluarga.
I.  Tujuan Pembelajaran  :
·           Siswa dapat menyebutkan mengetahui keadaan cuaca disekitar kita
·           Siswa dapat menyesuaikan diri dengan keadaan cuaca disekitar kita yang berubah-ubah
·           Siswa dapat mengenang peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·      Peristiwa alam ( Cuaca dan Musim )
·      Peristiwa yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
III. Metoda Pembelajaran :
·        Ceramah, Tanya Jawab, Brain Stroming , Reading Aloud, Snow ball, perfomance, Penugasan
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
1.      Kegiatan Awal
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode/ strategi
Sumber/ bahan/alat
10’
§  Salam
Guru mengucapkan salam dan menyuruh salah satu siswa untuk memimpin do’a
Tanya jawab
-
§  Absensi
Guru mengabsen siswa dengan menanyakan siapa saja yang tidak masuk
Tanya jawab
Buku absensi
§  Apersepsi
Guru bertanya pada siswa, hari ini mendung atau cerah?
Brainstorming
-

§  Tujuan
Guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran
Tanya jawab
-

2.      Kegiatan Inti 

Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode/ strategi
Sumber/ bahan/alat
45’
Guru meminta siswa untuk menirukan membaca teks dengan keras
Reading aloud
Hand out materi
Guru memberikan permainan sebelum memulai permainan, guru bertanya kepada siswa, siapa diantara kalian yang pernah kehujanan? Dan menjelaskan tata tertib
Brainstorming
-
Guru meminta siswa untuk memulai permainan
Snow ball dan perfomance
Bola
Guru meminta siswa untuk mengakhiri permainan
-
-
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari
Ceramah
Lampiran 1
Guru memberikan soal sebagai evaluasi
Penugasan
Lampiran 2
3.      Kegiatan Akhir
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode/ strategi
Sumber/ bahan/alat
15
§ Refleksi
Salah satu siswa diminta maju ke depan untuk merefleksikan kembali apa yang sudah diperoleh
Tanya jawab

-
§ RTL
Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah dan memberikan nasihat kepada siswa
Penugasan
Lampiran 2 (IPA)
§ Salam
Guru mengakhiri pelajaran dengan  mengucapkan salam sebelum meninggalkan kelas
Tanya jawab
-

V.  Alat dan Sumber Belajar
  • Hand Out Materi, Lembar kerja, Papan Tulis, Bola Kecil dan  Spidol
  • Buku IPA kelas 1

VI.    Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Tehnik
Bentuk Instrumen
Ilmu Pengetahuan Alam
Tes
Soal Melengkapi
Ilmu Pengetahuan Sosial
Non tes
Performance


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….


( Kurnia Hidayati )
NIP/NIK : …………………

Ponorogo, 27 Mei 2012
Guru Tematik Kelas I


( Ochtia Ayu Lestari  )
NIM : 210609089


Lampiran 1
Uraian materi

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Cuaca
Keadaan udara yang berubah-ubah disebut cuaca, kondisi cuaca yang berubah-ubah menyebabkan terjadinya musim.
Dalam keadaan cuaca yang sering berubah-ubah dan tidak menentu sebaiknya kita menyesuaikan diri misalkan: pada musim dingin sebaiknya kita memakai jaket. jika hujan kita memakai payung dan pada musim panas sebaiknya memakai baju yang menyerap keringat dan menghemat air pada musim kemarau.
Pengalamanku di Musim kemarau
Bacalah cerita berikut!
Udara sangat panas,Aku ingin berenang
Aku  menyiapkan perlengkapan renang
Aku pergi kekolam renang didekat rumah, Ayah menemaniku
            Aku sampai di kolam renang, Aku segera mengganti baju
Aku Melakukan pemanasan sebentar, Aku duduk di pinggir kolam dangkal
Aku masuk ke dalam kolam, Aku menginjak-injak air di kolam itu
Aku berjalan dan mengayunkan tangan, Ayah membimbingku berenang
Aku sudah berenang selama satu jam, Aku merasa lelah
Ayah juga merasa lelah, Aku dan ayah segera pulang.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami di lingkungan keluarga
            Pengalaman Tino Waktu Musim Hujan
Hujan turun deras sekali, Diam-diam Tino menyelinap ke luar
Tino asyik bermain hujan, Hujan semakin deras
Tino tidak menyadarinya, Badan Tino basah kuyup
Tino mengigil kedinginan, Ibu melihat Tino
Ibu langsung menyuruh Tino masuk, Tino tidak masuk
Badan Tino terasa dingin sekali, Akhirnya Tino masuk kedalam

Tino mengganti bajunya,Ibu mengambil handuk
Ibu membantu Tino mengerikan tubuh
Ibu memberikan secangkir teh hangat
Tino bersn dan dahinya panas, Ibu menyuruh Tino tidur
Ibu akan mengantar Tino kedokter besok  

Lampiran 2
INSTRUMEN PENILAIAN
·         Tes
Lengkapilah kalimat berikut dengan kata yang ada dalam kotak!
1.      Sedia . . . . sebelum hujan
2.      Karena hari sangat panas Adi membeli . . . .
3.      Udara terasa . . . .karena matahari bersinar amat terik
4.      Kita harus menghemat . . . . di musim kemarau
5.      Hujan turun lebat membuat udara menjadi . . . .




Payung                                    Dingin
                        Air                              
Panas                                       Es krim
 
 






Jawaban :            
          1.  Payung
          2.  Es krim
          3.  Panas
          4.  Air
          5.  Dingin
Penilaian : Benar semua X 2 Total skor 10
·         Non tes (Performance)
No
Nama Siswa
Performance
Jumlah Skor
Penampilan bercerita
Sikap
1.




2.




3.




4.




5.




dst




Ket:     1 = kurang      
2 = cukup       
3 = baik                                                          
·         Tiap-tiap point bernilai 3 x 2 point, total skor 6  

[1] Sugiar dkk, Lapis “ pembelajaran tematik”, 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar