PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
A.
Landasan
Pengembangan RPP
Pengembangan rencanan pembelajaran (RPP) dikembangkan dengan
mengacu kepada standart isi. RPP sebagai hasil pengembangan merupakan acuan
operasional guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk satu atau dua
kali pertemuan guna menyelesaikan satu kompetensi dasar. Adapun landasan
pengembangan RPP dijelaskan dalm PP No 19 tahun 2005 pasal 20 yaitu “
perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pembelajaranyang
memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode
pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”.
B.
Pengertian
dan komponen RPP
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang
menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu
kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standart isi dan telah dijabarkan dalam
silabus. Lingkup rencana pembelajaran paling luas mencangkup satu kompetensi
dasar yang terdiri atas satu atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan
atau lebih.
Komponen-komponen RPP sebagai berikut:
Ø Tujuan pembelajaran
Ø Materi pokok
Ø Langkah pembelajaran : kegiatan awal, inti dan kegiatan akhir
Ø Sumber belajar
Ø Penilaian hasil belajar
Khusus untuk pembelajaran tematik RPP ini merupakan realisasi dari
pengalaman belajar siswa-siswi yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran
dengan komponen yang meliputi:






Pada
dasarnya prinsip-prinsip pengembangan RPP tematik memuat komponen-komponen
sebagaimana RPP pada umumnya, hanya saja dalam RPP tematik penting
memperlihatkan rumusan–rumusan komponen tersebut dengan tema yang ditetapkan. [1]
C.
Mengidentifikasi
perbedaaan RPP mata pelajaran dan RPP tematik
Perbedaan
antara Rpp mata pelajaran dengan Rpp tematik terletak pada temanya, dan dalam
Rpp tematik terdapat beberapa mata pelajaran yang terkait dengan tema sedangkan
mata pelajaran hanya menyangkut satu mata pelajaran saja.
D.
Menyusun
RPP tematik
Contoh format RPP tematik:
Mata pelajaran:...............................
Kelas / Semester:............................
Tema:..............................................
Minggu / Hari:................................
Alokasi Waktu:...............................
Kompetensi Dasar:.........................
Indikator:........................................
Tujuan :..........................................
Materi Pokok:................................
Metode:..........................................
Langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal
Kegiatan Inti
Kegiatan penutup
Alat / Bahan / Sumber:..................
Penilaian:.......................................
Contoh Rpp Tematik:
Jawaban :
Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik KARAKTER
Nama Sekolah : SDN 1 Manuk Siman Ponorogo
Tema : Gejala Alam
Kelas/Semester : I/ II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi :
1.
IPA :
5. Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan
musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.
2. IPS : 2.
Mendeskripsikan lingkungan rumah.
Kompetensi Dasar :
1. IPA :
5.2 Mengenal keadaan cuaca disekitar kita
2. IPS : 2.1
Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan
keluarga.
Indikator :
1. IPA
: 5.2.1 Mempelajari keadaaan cuaca
disekitar kita.
5.2.2 Menyebutkan keadaan cuaca disekitar
kita.
2. IPS : 2.1.1 Menggambarkan peristiwa penting yang
dialami sendiri dilingkungan keluarga.
2.1.2
Menunjukan peristiwa penting yang dialami sendiri dilingkungan keluarga.
I. Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa
dapat menyebutkan mengetahui keadaan cuaca disekitar kita
·
Siswa dapat menyesuaikan diri dengan keadaan cuaca disekitar kita yang berubah-ubah
·
Siswa dapat mengenang peristiwa penting yang dialami
sendiri di lingkungan keluarga
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
· Peristiwa alam ( Cuaca dan Musim )
· Peristiwa yang dialami sendiri di
lingkungan keluarga
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah,
Tanya Jawab, Brain Stroming , Reading
Aloud, Snow ball, perfomance,
Penugasan
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
1. Kegiatan
Awal
Waktu
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Metode/
strategi
|
Sumber/
bahan/alat
|
10’
|
§ Salam
Guru
mengucapkan salam dan menyuruh salah satu siswa untuk memimpin do’a
|
Tanya
jawab
|
-
|
§ Absensi
Guru mengabsen
siswa dengan menanyakan siapa saja yang tidak masuk
|
Tanya
jawab
|
Buku absensi
|
|
§ Apersepsi
Guru bertanya
pada siswa,
hari ini mendung atau cerah?
|
Brainstorming
|
-
|
|
§ Tujuan
Guru
menyampaikan tujuan dari pembelajaran
|
Tanya
jawab
|
-
|
2. Kegiatan
Inti
Waktu
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Metode/
strategi
|
Sumber/
bahan/alat
|
45’
|
Guru
meminta siswa untuk menirukan membaca teks dengan keras
|
Reading
aloud
|
Hand
out materi
|
Guru
memberikan permainan sebelum memulai permainan, guru bertanya kepada siswa,
siapa diantara kalian yang pernah kehujanan? Dan menjelaskan tata tertib
|
Brainstorming
|
-
|
|
Guru
meminta siswa untuk memulai permainan
|
Snow
ball dan perfomance
|
Bola
|
|
Guru
meminta siswa untuk mengakhiri permainan
|
-
|
-
|
|
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari
|
Ceramah
|
Lampiran
1
|
|
Guru
memberikan soal sebagai evaluasi
|
Penugasan
|
Lampiran 2
|
3. Kegiatan
Akhir
Waktu
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Metode/
strategi
|
Sumber/
bahan/alat
|
15’
|
§ Refleksi
Salah satu siswa
diminta maju ke depan untuk merefleksikan kembali apa yang sudah diperoleh
|
Tanya
jawab
|
-
|
§ RTL
Guru
memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah dan memberikan nasihat kepada
siswa
|
Penugasan
|
Lampiran 2 (IPA)
|
|
§ Salam
Guru mengakhiri pelajaran
dengan mengucapkan salam sebelum
meninggalkan kelas
|
Tanya
jawab
|
-
|
V. Alat dan Sumber Belajar
- Hand Out Materi, Lembar kerja, Papan Tulis, Bola Kecil dan Spidol
- Buku IPA kelas 1
VI. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Tes
|
Soal Melengkapi
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Non tes
|
Performance
|
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( Kurnia Hidayati )
NIP/NIK : …………………
|
Ponorogo, 27 Mei 2012
Guru Tematik Kelas I
( Ochtia Ayu Lestari )
NIM : 210609089
|
Lampiran 1
Uraian materi
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Cuaca
Keadaan udara yang berubah-ubah disebut
cuaca, kondisi cuaca yang berubah-ubah menyebabkan terjadinya musim.
Dalam keadaan cuaca yang sering berubah-ubah
dan tidak menentu sebaiknya kita menyesuaikan diri misalkan: pada musim dingin
sebaiknya kita memakai jaket. jika hujan kita memakai payung dan pada musim
panas sebaiknya memakai baju yang menyerap keringat dan menghemat air pada
musim kemarau.
Pengalamanku di Musim kemarau
Bacalah cerita berikut!
Udara sangat panas,Aku ingin berenang
Aku menyiapkan
perlengkapan renang
Aku pergi kekolam renang didekat rumah, Ayah menemaniku
Aku
sampai di kolam renang, Aku segera mengganti baju
Aku Melakukan pemanasan sebentar, Aku duduk di pinggir
kolam dangkal
Aku masuk ke dalam kolam, Aku menginjak-injak air di
kolam itu
Aku berjalan dan mengayunkan tangan, Ayah membimbingku
berenang
Aku sudah berenang selama satu jam, Aku merasa lelah
Ayah juga merasa lelah, Aku dan ayah segera pulang.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami di
lingkungan keluarga
Pengalaman Tino Waktu Musim Hujan
Hujan turun deras sekali, Diam-diam
Tino menyelinap ke luar
Tino asyik bermain hujan, Hujan
semakin deras
Tino tidak menyadarinya, Badan
Tino basah kuyup
Tino mengigil kedinginan, Ibu
melihat Tino
Ibu langsung menyuruh Tino
masuk, Tino tidak masuk
Badan Tino terasa dingin
sekali, Akhirnya Tino masuk kedalam
Tino mengganti bajunya,Ibu
mengambil handuk
Ibu membantu Tino
mengerikan tubuh
Ibu memberikan secangkir
teh hangat
Tino bersn dan dahinya
panas, Ibu menyuruh Tino tidur
Ibu akan mengantar Tino
kedokter besok
Lampiran 2
INSTRUMEN
PENILAIAN
·
Tes
Lengkapilah kalimat berikut dengan kata yang ada dalam kotak!
1.
Sedia
. . . . sebelum hujan
2.
Karena
hari sangat panas Adi membeli . . . .
3.
Udara
terasa . . . .karena matahari bersinar amat terik
4.
Kita
harus menghemat . . . . di musim kemarau
5.
Hujan
turun lebat membuat udara menjadi . . . .
|
Jawaban :
1. Payung
2. Es krim
3. Panas
4. Air
5. Dingin
Penilaian : Benar semua X 2 Total
skor 10
·
Non tes (Performance)
No
|
Nama Siswa
|
Performance
|
Jumlah Skor
|
|
Penampilan bercerita
|
Sikap
|
|||
1.
|
||||
2.
|
||||
3.
|
||||
4.
|
||||
5.
|
||||
dst
|
Ket: 1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
·
Tiap-tiap point
bernilai 3 x 2
point, total skor 6
[1] Sugiar dkk, Lapis “ pembelajaran tematik”, 2009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar